Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Web (Study Kasus Pada Pt. Time Excelindo Yogyakarta)

Parjono, Parjono (2021) Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Web (Study Kasus Pada Pt. Time Excelindo Yogyakarta). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Web (Study Kasus Pada Pt. Time Excelindo Yogyakarta). pp. 1-8. (Unpublished)

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Parjono.docx

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset yang penting bagi perusahaan untuk itu penerimaan calon karyawan yang berkompeten mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Proses seleksi dengan perhitungan manual satu persatu kurang efektif karena membutuhkan konsentrasi agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan kelayakan calon karyawan. Untuk mengurangi tingkat kesalahan dalam mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan standar kriteria yang sudah ditentukan oleh perusahaan dibutuhkan sebuah sistem yang mampu membantu dalam pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode fuzzy mamdani berbasis web untuk mengatasi permasalahan tersebut. Variabel input yang digunakan dalam perhitungan fuzzy mamdani adalah hasil nilai tes psikologi, hasil nilai tes wawancara, hasil nilai tes teori dan hasil nilai tes praktik. Hasil uji coba akurasi sistem yang telah dibuat dengan membandingkan perhitungan yang saat ini dilakukan oleh perusahaan dengan perhitungan menggunakan metode fuzzy mamdani berbasis web menggunakan sampel data sebanyak 40 data calon karyawan menghasilkan output 82,5% sesuai dan 17,5% tidak sesuai.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: logika fuzzy, metode mamdani, penerimaan karyawan, sistem pendukung keputusan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 21 Jan 2022 05:17
Last Modified: 21 Jan 2022 05:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item