Pengaruh Penambahan Kayu Manis (Cinnamomum burmanii ) Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Minuman Instan Kunir Putih (Curcuma Mangga Val.)

Hayatun, Anita (2021) Pengaruh Penambahan Kayu Manis (Cinnamomum burmanii ) Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Minuman Instan Kunir Putih (Curcuma Mangga Val.). Naskah Publikasi Program Studi Teknolog Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (68kB)

Abstract

Kunir putih merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia. Kunir putih mengandung antioksidan tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kayu manis merupakan golongan rempah yang mudah diperoleh di Indonesia. Selain dapat meningkatkan aroma juga berfungsi sebagai perasa (flavour) alami yang mempunyai aktivitas antioksidan, kayu manis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh minuman instan kunir putih dengan penambahan kayu manis yang disukai panelis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor dengan dua kali ulangan. Faktor pertama yitu variasi penambahan kunir putih (500 g, 150 g dan 1000 g) dan variasi penambahan kayu manis (100 g, 150 g dan 200 g). Data yang diperoleh kemudian dilakukan Analisa stastistik dengan tingkat kepercayaan 95% dan apabila terdapat perbedaan nyata antara perlakuan dilanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Minuman Instan yang dihasilkan diuji fisik (warna), kimia (kadar air, aktivitas antioksidan, fenol total dan gula reduksi) dan uji tingkat kesukaan.
Minuman instan kunir putih terpilih memiliki nilai gizi : kadar air 1,66 %, aktivitas antioksidan 24,46 %RSA, fenol 36,52 mg GAE/ g bk dan gula reduksi 1,16 %. Variasi penambahan kunir putih dan kayu manis pada minuman instan yang terpilih memberikan pengaruh nyata terhadap sifat fisik (warna), kimia dan tingkat kesukaan panelis

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Minuman Instan, Kunir Putih, Kayu Manis, Antioksidan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:11
Last Modified: 20 Jan 2022 02:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item
View Item