STRATEGI KOPING PADA SISWA YANG TINGGAL KELAS

Haqiqi, Fariz Fauzan (2018) STRATEGI KOPING PADA SISWA YANG TINGGAL KELAS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
CAVER DAN LAMPIRAN FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tinggal kelas merupakan suatu pengalaman yang menyakitkan, sehingga kadang ada siswa menjadi malu untuk mengulang dikelas yang lama, karena belajar dengan teman yang baru yang usia relatif lebih muda. Selain itu siswa yang tinggal kelas biasanya akan mempengaruhi cara siswa tersebut dalam bersosial, karena adanya tekanan sosial, dan penilaian sosial terhadapnya. Apabila tekanan sosial tersebut tidak mampu ia atasi, maka akan timbul stres pada siswa tersebut. Upaya baik mental maupun perilaku untuk menguasai, mentoleransi, mengurangi, atau meminimalisasikan suatu situasi atau kejadian yang penuh tekanan disebut strategi koping. Strategi koping dibagi menjadi dua yaitu emotional focused coping (EFC) merupakan bentuk koping yang diarahkan untuk mengatur respon emosional terhadap situasi yang menekan dan problem focused coping (PFC) merupakan bentuk koping yang diarahkan kepada upaya untuk mengurangi tuntutan dari situasi yang penuh tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk – bentuk strategi koping pada siswa yang tinggal kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur dan observasi pada saat wawancara dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketiga partisipan baik ND, RG, ataupun AN pada awalnya sama-sama menggunakan emotion focused coping (EFC), namun pada akhirnya ketiga partisipan menggunakan problem focused coping (PFC). Kata kunci: emotion focused coping, problem focused coping, siswa tinggal kelas. xiii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Kondang Budiyani, S.Psi., M.A., Psikolog Nadya Anjani R., S.Psi., M.Psi., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:58
Last Modified: 08 Oct 2018 06:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item