PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GODEAN

Khusna, Ulfi Nahdhiyatul (2017) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GODEAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perbedaan
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan Student Team
Achievement Division ditinjau dari prestasi dan minat belajar siswa 2)
membandingkan manakah yang lebih baik di antara pembelajaran kooperatif tipe
Team Game Tournamnet ( TGT ) dengan Student Team Achievement Division
(STAD) ditinjau dari prestasi dan minat belajar siswa kelas VIII SMP N 2
Godean.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain
penelitian Nonequivalent control group desain. Pengambilan sampel dilakukan
secara tidak random. Pembelajaran matematka pada kelas VIII C menggunakan
model pembelajaran tipe TGT dan kelas VIII D menggnakan model pembelajaran
tipe STAD. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket
minat belajar siswa terhadap matematika. Untuk mencari perbedaan pembelajaran
dengan metode TGT dan STAD ditinjau dari prestasi dan minat belajar siswa data
dianalisis dengan menggunakan uji multivariate T² Hotteling. Sedangkan untuk
mencari tahu manakah yang lebih baik menggunakan Uji-t Univariate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran
kooperatif tipe TGT dan STAD ditinjau dari prestasi dan minat belajar siswa.
Rata-rata skor prestasi belajar siswa kelas TGT dan kelas STAD setelah penelitian
sebesar 82,66 dan 70,94. Sedangkan rata-rata skor minat belajar siswa kelas TGT
dan STAD setelah penelitian adalah 74,62 dan 68,66. Hasil uji t prestasi dan
minat belajar menunjukkan nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd.Si,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Aug 2017 05:10
Last Modified: 19 Aug 2022 01:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item
View Item