PENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO

Nuryandari, Nuryandari (2017) PENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pengaruh Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo yang terdiri dari empat kelas. Sampel diambil secara purpose sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-C.
Pembelajaran matematika pada kelas VIII-A menggunakan metode konvensional dan pembelajaran matematika pada kelas VIII-C menggunakan metode Mind Mapping. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket sikap siswa terhadap matematika. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelas metode Mind Mapping dan metode konvensional digunakan uji manova. Untuk uji lanjut dilakukan uji independent-samples t test untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap perbedaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode Mind Mapping dan metode konvensional pada kemampuan pemahaman konsep dan sikap siswa SMP Negeri 2 Sentolo. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode Mind Mapping lebih berpengaruh baik terhadap kemampuan pemahaman konsep maupun sikap siswa dalam pembelajaran matematika SMP Negeri 2 Sentolo.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Sikap Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:39
Last Modified: 19 Aug 2022 01:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item
View Item