HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMK X DI YOGYAKARTA

Aan Apriliyanto Iman Sanjaya, 15081195 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMK X DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
COVER DAN BAB PEMBUKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku bullying di SMK X di Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode skala, adapun skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert, yaitu skala yang dalam menjawab pernyataan-pernyataan subjek diminta untuk menyatakan kesesuaian atau ketidaksesuaian terhadap isi pernyataan. Subyek penelitian adalah 100 siswa di SMK X di Yogyakarta, yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara kontrol diri dan perilaku bullying siswa SMK. Hasil ini ditunjukan dengan F = -0,931 dan p <0,050, yang menandakan bahwa semakin tinggi kontrol diri, maka perilaku bullying semakin rendah dan semakin rendah kontrol diri, maka perilaku bullying semakin tinggi. Kontrol diri memberikan sumbangan efektif 86,6 % pada perilaku bullying sedangkan sisanya 13,4 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperlukan suatu sistem kurikulum pendidikan di sekolah yang mampu meningkatkan kontrol diri siswa agar dapat menurunkan tingkat perilaku bullying di sekolah. Kata Kunci : Siswa, Perilaku Bullying, Kontrol Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si (Pembimbing Utama) Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi., Psikolog (Pembimbing Pendamping)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:50
Last Modified: 08 Apr 2019 04:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item