HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA “X”

Saputra, M. Rifai Fatris (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA “X”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMA “X”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMA “X”. Subjek penelitian sebanyak 50 orang. Pengambilan subjek menggunakan random sampling dengan data yang dikumpulkan menggunakan skala motivasi belajar dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan program SPSS v.17. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi (rxy) sebesar 0.598 dengan p = 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XI IPS SMA “X”. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,358 yang berarti kemandirian belajar memiliki kontribusi 35,8 % terhadap motivasi belajar dan sisanya 64,2 % dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti self efficacy dan tujuan (goals).

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:48
Last Modified: 03 Jan 2020 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item
View Item