KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hadija, Hadija (2019) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB 4.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
LAmpiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keefektifan Metode Pemebelajaran Matematika Nalria Realistik (MNR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Motivasi Belajar siswa. Skripsi. Yogyakarta. Strata Satu. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2019 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode Matematika Nalaria Realistik (MNR) dari pada Metode Konvensional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah Quisi experiment atau penelitian semu denagan Pretest-Postest Control Group Design. Dimana dalam penelitian ini ada dua kelompok yang digunakan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabela penelitian ini terdiri dari satu variable bebas berupa metode pemebelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan dua variable terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa, dengan sampel penelitian kelas VII B sebagai kelas control dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) metode Nalaria realistik (MNR) efektif terhadap motivasi belajar siswa, (3) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik lebih efektif dari pada metode Pembelajaran Konvesional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Kata Kunci: Motivasi belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Matematika Nalaria Realistik (MNR)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Matematika Nalaria Realistik (MNR)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:29
Last Modified: 22 Oct 2019 02:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7084

Actions (login required)

View Item View Item