Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp

Nurtriana, Nanda Ade Ilma (2019) Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text
15141003_Nanda Ade Ilma Nurtriana.docx

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean dengan sample penelitian yang diambil dua kelas secara acak yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest, posttest. Unsur etnomatematika yang digunakan pada penelitian ini adalah bagian bagian dari rumah joglo yang ada di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 15,19. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika efektif terhadap pemahaman konsep siswa SMP. Kata kunci: Efektivitas, Pendekatan Etnomatematika dan Pemahaman Konsep

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:39
Last Modified: 22 Oct 2019 02:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

View Item View Item