SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR SESEORANG MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM DENGAN PENGEMBANGAN

Dwiyan, Evan Nata (2017) SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR SESEORANG MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM DENGAN PENGEMBANGAN. Naskah Publikasi Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal, yaitu identifikasi gaya belajar mahasiswa. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa program studi psikologi universitas mercubuana yogyakarta, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar yang disusun berdasarkan pendapat teori gaya belajar menurut De Poter & Hernacki. Sistem pakar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Sistem ini bertujuan untuk memudahkan manusia mengetahui gaya belajarnya dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat menentukan gaya belajar seseorang dengan metode fuzzi Multi-Attribute Decision Making. FMADM adalah penggabungan antara logika fuzzy dan multi-attibute decision making. Fuzzy dalam multi-attribute decision making digunakan untuk mengolah atribut suatu alternatif yang tidak dapat disajikan dengan lengkap, mengandung ke- tidakpastian atau ketidakkonsistenan. Dari hasil sistem pakar yang dibuat diperoleh hasil kinerja sistem sebesar 83 %, yang didapat dari 18 data yang sesuai dibagi dengan 22 data dikalikan dengan 100%. Kata kuci: Sistem pakar, Gaya Belajar, MADM Gaya Belajar

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.En
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sistem Informasi UMBY
Date Deposited: 05 Oct 2017 09:26
Last Modified: 05 Oct 2017 09:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item