Dwiyan, Evan Nata (2017) SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR SESEORANG MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM DENGAN PENGEMBANGAN. Naskah Publikasi Prodi Sistem Informasi.
publikasi.docx
Restricted to Repository staff only
Download (364kB)
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar
mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal, yaitu identifikasi
gaya belajar mahasiswa. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa program studi
psikologi universitas mercubuana yogyakarta, sampel yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket gaya belajar yang disusun berdasarkan pendapat teori gaya belajar
menurut De Poter & Hernacki.
Sistem pakar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan
(Artificial Intelligence). Sistem ini bertujuan untuk memudahkan manusia
mengetahui gaya belajarnya dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dapat
disimpulkan dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi
sistem pakar yang dapat menentukan gaya belajar seseorang dengan metode fuzzi
Multi-Attribute Decision Making. FMADM adalah penggabungan antara logika
fuzzy dan multi-attibute decision making. Fuzzy dalam multi-attribute decision
making digunakan untuk mengolah atribut suatu alternatif yang tidak dapat
disajikan dengan lengkap, mengandung ke- tidakpastian atau ketidakkonsistenan.
Dari hasil sistem pakar yang dibuat diperoleh hasil kinerja sistem sebesar 83 %,
yang didapat dari 18 data yang sesuai dibagi dengan 22 data dikalikan dengan
100%.
Kata kuci: Sistem pakar, Gaya Belajar, MADM Gaya Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.En |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Sistem Informasi UMBY |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 09:26 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 09:26 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/823 |