Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Karakteristik Guru Bimbingan Konseling Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Minat Mengikuti Layanan Bimbingan Konseling Pada Siswa Kelas Xi Sma Pangudi Luhur Sedayu Tahun Ajaran 2018/2019

Ranjabar, Yosep (2019) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Karakteristik Guru Bimbingan Konseling Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Minat Mengikuti Layanan Bimbingan Konseling Pada Siswa Kelas Xi Sma Pangudi Luhur Sedayu Tahun Ajaran 2018/2019. Naskah Publikasi Program Studi Magister Psikologi Sains.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang karakteristik guru bk dengan minat mengikuti layanan bimbingan konseling, (2) mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan minat mengikuti layanan bimbingan konseling, (3) mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang karakteristik guru bk dan dukungan sosial teman sebaya dengan minat mengikuti layanan bimbingan konseling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala psikologi yang meliputi; skala persepsi siswa tentang karakteristik guru bk, skala dukungan sosial teman sebaya, skala minat mengikuti layanan bimbingan konseling. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA Pangudi Luhur Sedayu Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment yang digunakan untuk melakukan analisis terhadap hipotesis minor pertama, hipotesis minor kedua dan teknik regresi berganda digunakan untuk melakukan analisis terhadap hipotesis mayor. Hasil penelitian menunjukan (1) ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang karakteristik guru bk dengan minat mengikuti layanan bimbingan konseling, nilai koefisien korelasi sebesar 0,546 dan p=0,000 (p<0,01) artinya hipotesis minor pertama dalam penelitian ini diterima, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan minat mengikuti layanan bimbingan konseling nilai koefisien korelasi sebesar 0,154 dan p=0,000 (p<0,01) artinya hipotesis minor kedua dalam penelitian ini diterima, (3) ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang karakteristik guru bk dan dukungan sosial teman sebaya dengan minat mengikuti layanan bimbingan konseling, nilai F sebesar 7,864 dan p=0,00 (p<0,01) artinya hipotesis mayor dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa tentang karakteristik guru bk, Dukungan sosial teman sebaya, Minat mengikuti layanan bimbingan konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2020 05:52
Last Modified: 04 Mar 2020 05:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item View Item