Laporan Akhir Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Self-Assessment Pada Pembelajaran Writing Menggunakan Integrated Cutural Language Learning Approach, Blended Learning Dan High Order Thinking Skills Untuk Preservasi Wayang Orang

Hermayawati, Hermayawati and Hartati, Elysa (2019) Laporan Akhir Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Self-Assessment Pada Pembelajaran Writing Menggunakan Integrated Cutural Language Learning Approach, Blended Learning Dan High Order Thinking Skills Untuk Preservasi Wayang Orang. Laporan Penelitian. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Yogyakarta.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
Hermayawati_ PENELIT 2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kekhawatiran terhadap semakin punahnya budaya daerah terutama pertunjukan Wayang Orang tentunya harus disikapi secara serius, misalnya melalui pendidikan dan penelitian. Keberadaan Panggung berbagai kelompok Wayang Orang (WO) yang nyaris tanpa penonton (Soedarsono, 2002; Gemilang, 2016) mendorong sebagian pemerhati budaya adiluhung tersebut untuk mengunggah berbagai lakon pertunjukan baik dalam serial Ramayana maupun Maha Bharata ke You Tube. WO yang bermuatan pesan moral dan sangat diperlukan untuk mendidik generasi muda sebenarnya dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan gawai (gadgets) yang saat ini nyaris tidak terpisahkan dengan peserta didik dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai informasi dan materi, salah satunya melalui situs YouTube. Seiring dengan hal itu, pembelajaran keterampilan menulis yang pada umumnya kurang menyenangkan karena dipandang sulit, saat ini dapat dipermudah melalui pemanfaatan gawai dengan menggunakan Blended Learning Model (BLM). BLM memanfaatkan berbagai sumber yang dapat di-download untuk dipelajari di kelas dan/atau di luar kelas baik secara individu maupun berkelompok. Pemanfaatan BLM sesuai dengan konsep HOTS (High Order Thinking Skill) hasil pengembangan Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohl (2001). Sebagai upaya preservasi, pengembangan keterampilan menulis dapat menggunakan WO melalui pemanfaatan teknologi dengan pendekatan budaya disebut CLLA (Cultural Language Learning Approach). Penelitian ini mengkaji penerapan penilaian mandiri dalam pembelajaran keterampilan menulis peserta didik, menggunakan CLLA, BLM dan HOTS denga media dan wacana WO, khususnya dari kelompok SBN (Sekar Budaya Nusantara). Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Self-Assessment pada pengembangan keterampilan menulis peserta didik menggunakan CLLA, BLM dan HOTS terintegrasi sebagai upaya preservasi WO. Tujuan penerapannya adalah untuk menemukan konsep pelaksanaan Self-Assessment on Writing Skill (SAWS) menggunakan ketiga aspek tersebut. Target penelitiannya adalah berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam Prosiding seminar internasional ICSTIE (International Conference on Science and Technology Innovation in Education) dan IJIER (International Journal for Innovation Education and Research) atau ADJES (Ahmad Dahlan Journal on English Studies) sebagai alternatif lainnya. Penelitian ini merujuk pada RIP UMBY klaster kelima yaitu Klaster Etika Budaya dan Komunikasi, yang dirumuskan ke dalam topik riset dengan memperhatikan analisis kebutuhan (AK): mahasiswa, lembaga perguruan tinggi, masyarakat pengguna lulusan dan tantangan global dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods Study dan melibatkan sekitar 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Semester Genap Tahun Ajaran 2019. Datanya berupa portofolio hasil dokumentasi tugas-tugas SAWS. Analisis datanya menggunakan Model Eberly Center for Teaching Excellence Carnegie Mellon (MECTECM). Hasilnya diinterpretasikan sebagai hasil penelitian menyangkut penerapan SAWS terintegrasi dengan CLLA, BLM dan HOTS yang bermuatan berbagai cerita serial WO

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Self-Assessment, CLLA, HOTS, Blended Learning, Mixed Methods Study
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 05 Aug 2020 05:06
Last Modified: 05 Aug 2020 05:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item