Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (Gi) Dan Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sma

Iswati, Ika (2020) Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (Gi) Dan Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sma. Naskah Publikasi Program Studi Matematika.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_IKA ISWATI_16141008.docx

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa kelas XI SMA. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) efektif terhadap prestasi belajar siswa ditinjau kemandirian belajar siswa, dan diperoleh bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih efektif daripada model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, GI, STAD
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:28
Last Modified: 14 Jun 2021 02:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10028

Actions (login required)

View Item
View Item