Perbedaan Perilaku Seksual Pranikah Antara Remaja Yang Mendapatkan Pengetahuan Seksualitas Di Pik-R Dan Yang Tidak Mendapatkan Pengetahuan Seksualitas Di Pik-R Di Diy

Prasetyo, Joni (2020) Perbedaan Perilaku Seksual Pranikah Antara Remaja Yang Mendapatkan Pengetahuan Seksualitas Di Pik-R Dan Yang Tidak Mendapatkan Pengetahuan Seksualitas Di Pik-R Di Diy. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-13.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku seksual pranikah antara remaja yang mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R maupun yang tidak mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R di DIY. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan perilaku seksual pranikah antara remaja yang mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R dengan remaja yang tidak mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R di Daerah Istimewa Yogyakarta, remaja yang mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R memiliki perilaku seksual pranikah yang lebih rendah daripada remaja yang tidak mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang, yaitu 50 orang remaja yang pernah mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R dan 50 orang remaja yang tidak pernah mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala periaku seksual pranikah dan tes pengetahuan seksualitas. Metode analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t = -2.748 dengan p = 0,007 (p<0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat perilaku seksual pranikah antara remaja yang mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R dengan remaja yang tidak mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R, di mana remaja yang tidak mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R memiliki tingkat perilaku seksual pranikah yang lebih tinggi (mean=4.98) daripada remaja yang mendapatkan pengetahuan seksualitas di PIK-R (mean=3.24).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: perilaku seksual pra nikah, pengetahuan seksualitas, remaja, PIK-R
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:56
Last Modified: 04 Feb 2022 02:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item
View Item