Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Sanksi Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang)

Tanaem, Windi Marsalin (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Sanksi Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Sanksi
Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam
Membayar Pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas
Pelayanan Perpajakan, Sanksi Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak baik secara simultan maupun
parsial. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, kuesioner dan studi
kepustakaan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak (Orang Pribadi & Badan)
yang Terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang Tahun 2017-2019
yang berjumlah 148.770 wajib pajak dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang
responden atau Wajib Pajak (Orang Pribadi & Badan) yang Terdaftar pada Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Kupang Tahun 2017-2019. Dimana jumlah sampel
ditentukan menggunakan rumus slovin, serta menggunakan teknik pengambilan
sampel yaitu teknik accidental sampling
Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam penelitian ini variabel
bebas X1, X2 , X3, memiliki kontribusi atau sumbangan sebesar 59,5% (R Square
= 0,595) terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak,
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Secara simultan/bersama-sama variabel x1, x2,dan x3 berpengaruh terhadap
variabel y, dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (Nilai F hitung
> F tabel (46,920 > 2,70)). Sedangkan secara parsial/masing-masing Variabel bebas
yaitu kualitas pelayanan perpajakan (x1) tidak berpengaruh terhadap kepatuhan
wajib pajak (y) dengan nilai t hitung < dari t tabel (1, 911 < 1,98). Namun variabel
x2 yaitu sanksi perpajakan dan pemahaman perpajakan (x3) berpengaruh terhadap
kepatuhan wajib pajak (y) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (X2 = 8,463;
X3 = 6,904 > 1,98).
Dalam penelitian ini telah membuktikan bahwa kaulitas pelayanan
perpajakan (X1) tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, dan sanksi
perpajakan (X2) pemahaman perpajakan (X3 ) terbukti berpengaruh erhadap
variabel kepatuhan wajib pajak (y) dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Intelektualitas, Sistem Pengendalian Internal, dan Fraud.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:40
Last Modified: 02 Feb 2022 07:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item
View Item