Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019

Prakosa, Ryan Yuda (2020) Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi. pp. 1-23.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI RYAN YUDHA P.docx

Download (320kB)

Abstract

Tax avoidance merupakan aktifitas penghindaran pajak yang dilakukan dengan meminimalkan beban pajak tanpa melakukan tindakan yang ilegal. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh corporate governance terhadap tax avoidance. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019 yang memenuhi kriteria-kriteria. Jumalah sampel sebanyak 25 perusahaan selama tiga periode, sehingga data yang digunakan adalah sebanyak 75. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa corporate governance yang diproksikan oleh kepemilikan institusional memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan corporate governance yang diproksikan dewan komisaris dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Komite Audit, Tax Avoidance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:07
Last Modified: 02 Feb 2022 07:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item
View Item