HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA PENGGEMAR K-POP DI MEDIA INSTAGRAM

Ibadurruhama, Dzikrina Aulia Nailul Amani (2020) HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA PENGGEMAR K-POP DI MEDIA INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACK.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena cyberbullying banyak terjadi pada kalangan penggemar k-pop, salah satu pemicu terjadinya cyberbullying adalah celebrity worship. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dengan perilaku cyberbullying pada penggemar k-pop di media instagram. Subjek penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan skala kepada pengguna instagram yang mem-follow akun idol boyband/girlband official melalui grup atau khusus atau komunitas penggemar kpop melalui instagram, whatsapp, facebook dan twitter. Dari hasil penyebaran skala didapatkan subjek penelitian dengan jumlah 163 penggemar k-pop berusia 18-21 tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Celebrity worship dan Skala Perilaku Cyberbullying. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi rxy = 0,197 dengan taraf signifikansi sebesar p < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara celebrity worship dengan perilaku cyberbullying. Semakin tinggi tingkat celebrity worship penggemar k-pop semakin tinggi pula tingkat perilaku cyberbullying-nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Perilaku Cyberbullying, Celebrity worship, Penggemar K-pop, Instagram
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:00
Last Modified: 16 Mar 2021 03:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item
View Item