Mubarok, Ahmad Shofi (2020) Pengembangan Alat Ukur Kegigihan Akademik. Pengembangan Alat Ukur Kegigihan Akademik. pp. 1-7.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (25kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dan bertujuan untuk menghasilkan alat ukur kegigihan akademik tipe vignette. Adapun proses pengembangan alat ukur ini mengacu pada Azwar (2008) yang terdiri dari 1. Identifikasi tujuan ukur, 2. Operasionalisasi konsep, 3. Penskalaan dan pemilihan format stimulus, 4. Penulisan item, 5. Uji coba, 6. Analisis item, 7. Kompilasi I seleksi item, 8. Pengujian validitas dan reliabilitas, 9. Kompilasi II format final. Perihal analisis data, validitas isi didapat dari kesimpulan profesional judgement, sedangkan validitas konstraknya dari hasil analisis menggunakan CFA. Proses penulisan aitem setelah review profesional judgement yaitu 18 aitem, kemudian diujicoba pada 30 responden dengan simple random sampling dan setelah dianalisis hasilnya perlu menggugurkan 1 aitem. Selanjutnya dilakukan uji empirik pada 200 responden. Berdasarkan hasil analisis valiadasi konstrak teknik CFA dengan program JASP, disimpulkan bahwa model alat ukur kegigihan akademik tipe vignette ini dapat diterima setelah menggugurkan 4 aitem dengan faktor loading paling rendah sehingga dapat memenuhi model fit alat ukur menurut CFI, PNFI, IFI dan RNI. Lebih lanjut, didapatkan skor Cronbach Alpha 0.808 yang berarti reliabilitas alat ukur ini berkategori baik. Hasil penelitian ini menghasilkan alat ukur kegigihan akademik yang terdiri dari 13 aitem yang siap digunakan
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | Kegigihan akademik, penelitian pengembangan, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | Magister Psikologi Profesi UMBY |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 03:24 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:45 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10843 |