Putri, Dewi Arum Widhiyanti Metra (2021) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KETERLIBATAN ORANGTUA DAN PERSEPSI TERHADAP PERAN SOSIAL GURU DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIS PADA SISWA DI KOTA SINGARAJA KABUPATEN BULELENG PROPINSI BALI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (54kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (205kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (167kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (74kB) | Preview
Daftar Pustaka.pdf
Download (156kB) | Preview
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3kB) | Request a copy
TESIS FULLTEXT-DEWI ARUM-PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan orangtua dengan efikasi diri akademis pada siswa dalam pembelajaran online; 2) Hubungan antara persepsi terhadap peran sosial guru dengan efikasi diri akademis pada siswa dalam pembelajaran online; 3) Hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan orangtua dan persepsi terhadap peran sosial guru dengan efikasi diri akademis pada siswa dalam pembelajaran online. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah yang mengikuti pembelajaran online selama masa pandemi di Kabupaten Buleleng. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala efikasi diri akademis siswa, skala persepsi terhadap keterlibatan orangtua, dan skala persepsi terhadap peran sosial guru. Teknik analisis menggunakan teknik korelasi product moment untuk menganalisis hipotesis pertama dan kedua, sedangkan teknik regresi digunakan untuk menjawab hipotesis ketiga. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap keterlibatan orangtua dengan efikasi diri akademis siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi. Secara lebih spesifik, terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dengan efikasi diri akademis siswa dengan nilai korelasi sebesar 0.606 (p<0.01), dan terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap keterlibatan ibu dengan efikasi diri akademis siswa dengan nilai korelasi sebesar 0.565 (p<0.01); 2) terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap peran sosial guru dengan efikasi diri akademis siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi dengan nilai korelasi 0.646 (p<0.01); 3) terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap keterlibatan orangtua dan persepsi terhadap peran sosial guru dengan efikasi diri akademis siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi dengan nilai F sebesar 251,516 (p<0,01). Sumbangan efektif persepsi terhadap keterlibatan orangtua dan persepsi terhadap peran sosial guru untuk memprediksi efikasi diri akademis siswa dalam pembelajaran online adalah sebesar 45.7% sedangkan sisanya 54.3% merupakan faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Hasil penelitian tesis ini menjadi landasan untuk merancang suatu program intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orangtua dan peran sosial guru dalam pembelajaran online. Intervensi yang dirancang adalah program psikoedukasi untuk orangtua dan untuk guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri akademis, keterlibatan orangtua, pembelajaran online, peran sosial guru persepsi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | Magister Psikologi Profesi UMBY |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 03:23 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 03:23 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11058 |