PENGARUH PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Diwangkoro, Mathhias Pamoso (2017) PENGARUH PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of COVER dan LAMPIRAN.pdf] Text
COVER dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT FINAL.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal
setting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Taman Madya
Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah
tingkat motivasi belajar pada siswa setelah diberikan pelatihan goal setting lebih
tinggi dibandingkan dengan tingkat motivasi belajar pada siswa sebelum
diberikan pelatihan goal setting. Penelitian ini dilakukan kepada lima (5) orang
siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Tidak terdapat
kelompok kontrol dalam penelitian ini, sehingga lima siswa tersebut mendapatkan
pelatihan goal setting. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menggunakan
Teknik analisis data Wilcoxon matched pairs signed-ranks test menunjukkan nilai
Z yang didapat sebesar -2,032 dengan p value (Asymp. Sig 1 tailed) = 0,021 (p =
<0,05). Hasil tersebut mengindikasikan adanya perbedaan tingkat motivasi belajar
pada siswa yang signifikan antara sebelum diberikan pelatihan goal setting dan
setelah diberikann pelatihan goal setting. Skor motivasi belajar subjek sebelum
diberikan pelatihan lebih rendah (Mean = 82,60) dibandingkan dengan skor
motivasi belajar subjek setelah diberikan pelatihan goal setting (Mean = 91,80).
Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Pelatihan Goal Setting, Siswa Kelas X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 28 Nov 2017 04:38
Last Modified: 18 Aug 2022 01:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item
View Item