HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA PENGGUNA INSTAGRAM DI YOGYAKARTA

Nurfalaq, Annisa Citra (2021) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA PENGGUNA INSTAGRAM DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying pada siswa SMA pengguna Instagram di Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara kompetensi sosial dengan cyberbullying pada siswa SMA pengguna Instagram di Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA yang bersekolah di Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 200 siswa. Data dikumpulkan menggunakan Skala Perilaku Cyberbullying dan Skala Kompetensi Sosial yang disebarkan melalui Google Form. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi sebesar -0.757 (p < 0.01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negative yang signifikan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.573 yang berarti kompetensi sosial memiliki kontribusi 57.3% terhadap kecenderungan rendahnya cyberbullying pada siswa SMA pengguna Instagram dan sisanya 42.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: kompetensi sosial, cyberbullying, bullying.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:47
Last Modified: 10 Sep 2021 03:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item
View Item