School Well-Being Siswa Ditinjau Dari Jenis Sekolah

Hamid, Nurul Ummii Hamidah (2021) School Well-Being Siswa Ditinjau Dari Jenis Sekolah. School Well-Being Siswa Ditinjau Dari Jenis Sekolah. pp. 1-14.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan school well-being antara siswa yang bersekolah di SMA Negeri dengan siswa yang bersekolah di SMA Pondok Pesantren. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan tingkat school well-being siswa yang bersekolah di SMA Negeri dengan siswa yang bersekolah di SMA Pondok Pesantren. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan rentang usia 15-18 tahun. Subjek penelitian sebanyak 80 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala school well-being melalui googleform. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik non parametrik melalui uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian diperleh nilai t = 3,624 (p ≤ 0,010), berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada perbedaan tingkat perbedaan school well-being yang sangat signifikan diantara siswa SMA Negeri dengan siswa SMA Pondok Pesantren. Siswa SMA Pondok Pesantren memiliki school well-being yang lebih rendah (Mean = 85,43) dibandingkan dengan siswa SMA Negeri (Mean = 92,95).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: School well-being, Siswa, Sekolah Menengah Atas, Pondok Pesantren.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 05:37
Last Modified: 21 Jan 2022 02:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item
View Item