Hubungan Antara Kepribadian Conscientiousness Dengan Self-Compassion Pada Mahasiswa Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Sari, Fani Tiyas (2021) Hubungan Antara Kepribadian Conscientiousness Dengan Self-Compassion Pada Mahasiswa Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_FANI TIYAS SARI_17081738.docx

Download (44kB)

Abstract

Mahasiswa memiliki berbagai permasalahan dalam hidup akan meningkatkan kepribadian conscientiousness sehingga mahasiswa pantang menyerah dan memiliki self-compassion yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian conscientiousness dengan self-compassion pada mahasiswa di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 90 subjek yang memiliki usia 18-25 tahun dan merupakan mahasiswa di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kepribadian Conscientiousness dan Skala Self-Compassion. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0.788 dengan (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kepribadian conscientiousness dengan self-compassion pada mahasiswa, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: self-compassion, kepribadian conscientiousness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:02
Last Modified: 18 Jan 2022 03:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item
View Item