KEMAMPUAN BEREMPATI PADA SISWA NORMAL DI SEKOLAH INKLUSI DAN SISWA NORMAL DI SEKOLAH BIASA (KONVENSIONAL)

Septiani, Hera (2017) KEMAMPUAN BEREMPATI PADA SISWA NORMAL DI SEKOLAH INKLUSI DAN SISWA NORMAL DI SEKOLAH BIASA (KONVENSIONAL). Skripsi thesis, Universitas Mecu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[thumbnail of full texs.pdf] Text
full texs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berempati siswa normal di sekolah inklusi dan siswa normal di sekolah biasa (konvensional). Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kemampuan berempati pada siswa normal di sekolah inklusi dengan siswa normal di sekolah biasa (konvensional). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi normal Sekolah Menengah Pertama di sekolah inklusi dan sekolah biasa (konvensional), yang berada di rentang usia 12 – 15 tahun ( masa remaja awal) dengan jumlah subjek total 180 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kemampuan berempati. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T-tes. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t=-1,840 dengan p=0,067 (p≥0,050), rata-rata (mean) untuk kemampuan berempati siswa normal di sekolah inklusi sebesar 114,20, sedangkan kemampuan berempati siswa normal di sekolah biasa (konvensional) sebesar 117,04 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berempati siswa normal di sekolah inklusi dengan siswa normal di sekolah biasa (konvensional). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada perbedaan kemampuan berempati pada siswa normal di sekolah inklusi dan siswa normal di sekolah biasa (konvensional) ditolak.

Kata kunci : kemampuan berempati, sekolah inklusi, sekolah biasa (konvensional).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Anwar. M.Si. Psi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 28 Dec 2017 07:51
Last Modified: 18 Aug 2022 02:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item
View Item