ADAPTASI BAHASA BUDAYA DAN VALIDASI HIGHSCHOOL SATISFACTION SCALE (H-SAT SCALE) VERSI INDONESIA

Illahi, Syahrani Paramitha Kurnia (2021) ADAPTASI BAHASA BUDAYA DAN VALIDASI HIGHSCHOOL SATISFACTION SCALE (H-SAT SCALE) VERSI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis Lengkap Syahrani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah memiliki peran penting untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan serta mengembangkan kemampuan siswa itu sendiri. Kepuasan sekolah merupakan sebuah evaluasi afektif kognitif siswa terhadap pengalaman mereka di sekolah. Highschool satisfaction scale (H-Sat Scale) mengevaluasi lima dimensi dari kepuasan sekolah, yaitu; Kesesuaian pilihan, kualitas layanan sekolah, hubungan dengan teman sekelas, efektivitas kebiasaan belajar, dan kegunaan karir untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan memvalidasi H-Sat Scale sebagai alat ukur untuk mengukur kepuasan siswa terhadap sekolah di Indonesia. Proses adaptasi dilakukan melalui enam tahapan adaptasi bahasa dan budaya, yaitu: Terjemah awal, sintesis instrumen oleh peneliti, sintesis instrumen oleh penilai ahli, evaluasi instrumen oleh sasaran populasi, penerjemahan kembali, pilot study. Dari seluruh tahapan ini menghasilkan skala H-Sat versi Indonesia, yang selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada 987 siswa Indonesia. Uji validitas menggunakan analisis CFA, yang menghasilkan skala H-Sat versi Indonesia memenuhi parameter ketetapan goodness of fit. Kemudian hasil dari uji reliabilitas dengan estimasi reliabilitas sebesar 0.939, serta nilai reliabilitas konstruk perdimensi diantara 0.840-0.877. Hasil uji validasi, disimpulkan bahwa skala H-sat versi Indonesia valid dan reliabel untuk mengukur kepuasan sekolah menengah pada siswa di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Sekolah Menengah, Adaptasi Bahasa Budaya, Validitas, Reliabilitas
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:07
Last Modified: 14 Jan 2022 06:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item
View Item