Hubungan Regulasi Diri Dan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Smp N Satu Atap Riangduli Pada Masa Pandemi Covid-19

Tokan, Yoakim Ara (2021) Hubungan Regulasi Diri Dan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Smp N Satu Atap Riangduli Pada Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Konseling.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_YOAKIM ARA TOKAN_16151012.docx

Download (333kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar, hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar, serta hubungan regulasi diri dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar di SMP N Satu Atap Riangduli pada masa pandemi covid-19.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah SMP N Satu Atap Riangduli dengan populasi sebesar 38 siswa. Maka dari 38 siswa ini dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu mengambil seluruh jumlah populasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan regulasi diri dengan prestasi belajar sebesar 0,603, terdapat positif dan signifikan disiplin belajar dan prestasi belajar sebesar 0,185, terdapat hubungan positif dan signifikan regulasi diri dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa dengan kofisien korelasi sebesar 0,013. Hubungan ariabel pada penelitian ini termaksud kategori sedang.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Hubungan regulasi diri, Disiplin belajar dan Prestasi belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling
Depositing User: prodi Bimbingan Konseling UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:09
Last Modified: 20 Jan 2022 02:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item
View Item