Pengaruh Suhu Penyimpanan Dan Lama Perendaman Dalam Edible Coating Berbasis Karagenan Dan Gliserol Terhadap Susut Bobot, Sifat Kimia, Dan Total Bakteri Daging Buah Durian (Durio zibethinus) Segar

Arinda, Ainun (2020) Pengaruh Suhu Penyimpanan Dan Lama Perendaman Dalam Edible Coating Berbasis Karagenan Dan Gliserol Terhadap Susut Bobot, Sifat Kimia, Dan Total Bakteri Daging Buah Durian (Durio zibethinus) Segar. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan kombinasi terbaik antara suhu penyimpanan dengan lama perendaman dalam edible coating berbasis karagenan dan gliserol terhadap mutu daging buah durian segar yaitu susut bobot, kadar air, kadar alkohol dan total bakteri. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yaitu suhu penyimpanan (5oC, 25oC) dan lama perendaman (0 detik, 30 detik, 60 detik, 90 detik), setiap perlakuan dengan dua kali ulangan. Data yang diperoleh dilakukan uji statistik analysis of variance (ANOVA) dan jika berbeda nyata akan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada tingkat kepercayaan α 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pengamatan 8 hari, daging buah durian segar dengan perlakuan lama perendaman 90 detik dan suhu penyimpanan 5oC adalah kombinasi terbaik dengan penurunan susut bobot terendah yaitu 6,77%, kandungan air 70,92%, kandungan alkohol 0,45% dan total bakteri 2,1 x 105 cfu/g.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: durian, edible coating, daging buah segar, karagenan, gliserol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:09
Last Modified: 02 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item
View Item