Hidayat, Muna Apriani (2021) Hubungan Antara Grit Dengan Motivasi Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (36kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grit dengan motivasi akademik pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara grit dengan motivasi akademik pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Subjek penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik mahasiswa yang sedang melakukan pembelajaran daring dengan rentang usia 18-25 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan Short Grit Scale (Grit-s) dan Academic Motivation scale (AMS)-Bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil korelasi (rxy) = 0,432 dengan p = 0,01 berarti ada hubungan yang positif antara grit dengan motivasi akademik pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Hal ini menunjukkan hipotesis yang diajukan diterima. Koefiesen determinasi atau (R2) yang diperoleh sebesar 0,186 hal tersebut menunjukkan bahwa variabel grit memberikan sumbangan efektifitas sebesar 18,6% dan sisanya 81,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Grit, motivasi akademik, mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:18 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:18 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14577 |