Pengaruh Jumlah Maltodekstrin Dan Suhu Pengeringan Terhadap Sifat Kimia, Fisik, Dan Tingkat Kesukaan Bubuk Instan Lidah Buaya

Rukmana, Muhamad (2022) Pengaruh Jumlah Maltodekstrin Dan Suhu Pengeringan Terhadap Sifat Kimia, Fisik, Dan Tingkat Kesukaan Bubuk Instan Lidah Buaya. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (37kB)

Abstract

Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pangan fungsional karena potensinya sebagai antioksidan. Salah satu produk olahan pangan yang dapat dikembangkan adalah bubuk instan lidah buaya. Lidah buaya dalam bentuk bubuk lebih disukai, praktis, tidak mudah rusak, serta memberikan nilai tambah dari lidah buaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bubuk instan lidah buaya dengan aktivitas antioksidasi tinggi dan disukai panelis.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 2 faktor perlakuan yaitu penambahan jumlah maltodekstrin dan perbedaan suhu pengeringan. Maltodekstrin yang ditambahkan dalam bubuk instan sebanyak 0%, 2,5% dan 5% dan suhu pengeringan 50°C dan 60°C. Analisis yang dilakukan pada bubuk instan lidah buaya adalah analisis kimia yaitu analisis kadar air, total fenol dan aktivitas antioksidan, pengujian fisik yaitu uji solubilitas, bulk density, porositas dan uji kesukaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan maltodekstrin dan suhu pengeringan berpengaruh nyata terhadap sifat kimia, fisik dan tingkat kesukaan bubuk instan lidah buaya yang dihasilkan. Bubuk instan dengan penambahan jumlah maltodekstrin 2,5% dan suhu pengeringan 50°C adalah yang paling disukai oleh panelis dengan kandungan kadar air sebesar 6,74%bb, total fenol 0,54 mg GAE/g bk, aktivitas antioksidan dengan Radical Scavenging Activity (RSA) 43,92%, solubilitas 33,60%, porositas 12,45

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Lidah buaya, bubuk instan, maltodekstrin, pengeringan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:09
Last Modified: 17 Jun 2022 07:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item
View Item