Pengaruh Lama Pengepresan Dan Tingkat Kemasakan Buah Alpukat Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Minyak Biji Alpukat

Saputro, Wahyu Eko (2022) Pengaruh Lama Pengepresan Dan Tingkat Kemasakan Buah Alpukat Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Minyak Biji Alpukat. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Skripsi Wahyu Eko Saputro 17031094.docx

Download (57kB)

Abstract

Biji Alpukat merupakan memiliki kandungan minyak yang cukup besar sehingga berpotensi untuk dijadikan salah satu sumber minyak nabati. Pengepresan bubuk biji alpukat dilakukan secara manual dengan mengunakan mesin Press Hidrolik.
Penelitian ini Bertujuan untuk menghasilkan minyak biji alpukat yang memenuhi standar minyak goreng. Pada Penelitian ini dibuat menggunakan Rancangan percobaan yaitu adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 2 faktorial yaitu perbandingan umur buah alpukat 3 bulan, 5 bulan dan 7 bulan dan lama pengepresan 5 menit, 10 menit dan 15 menit. Minyak yang dihasilkan dianalisa warna , kejernihan, kadar air, antosianin, aktivitas antioksidan, persen yield, berat jenis, viskositas , FFA, angka asam dan uji kesukaan. Uji tingkat kesukaan meliputi aroma, warna dan keseluruhan. Data yang diperoleh dianalisa statistik uji anova dengan tingkat kepercayaan 95% dan dilanjutkan Duncan Multi Range Test ( DMRT ) jika terdapat perbedaan nyata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi umur buah alpukat mentega dan lama pengepresan berpengaruh terhadap minyak biji alpukat yang sesuai standar minyak goreng.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Minyak biji alpukat, umur buah alpukat mentega, lama pengepresan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:58
Last Modified: 28 Jun 2022 03:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item
View Item