HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA DENGAN CYBERSLACKING PADA MAHASISWA DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Wicaksono, Bagas Arta (2022) HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA DENGAN CYBERSLACKING PADA MAHASISWA DI MASA PEMBELAJARAN DARING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
17081719_Bagas Arta Wicaksono_Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pembelajaran daring atau e-learning merupakan suatu desain pembelajaran
instruksional yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh dengan
memanfaatkan teknologi. Pembelajaran daring yang memanfaatkan teknologi
internet sangatlah membantu terutama bagi mahasiswa. Namun mahasiswa
cenderung menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan cyberslacking
seperti mengakses media sosial, bermain game, serta berbagai hal lain yang tidak
ada hubungannya dengan perkuliahan. Kecenderungan nomophobia adalah
perasaan takut serta gelisah secara berlebihan yang diakibatkan karena individu
tidak melakukan kontak sama sekali dengan smartphone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan nomophobia dengan
cyberslacking pada mahasiswa di masa pembelajaran daring. Subjek penelitian ini
adalah mahasiswa yang pernah atau sedang melakukan proses pembelajaran daring.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan Skala Kecenderungan Nomophobia dan
Skala Cyberslacking. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi
product moment dari Pearson yang diolah menggunakan SPSS v25. Hasil penelitian
ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara kecenderungan nomophobia dengan
cyberslacking pada mahasiswa di masa pembelajaran daring dengan r = 0,274 dan
p = 0,02 (p < 0,050). Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukan
koefisien determinasi (R²) yang memperoleh sumbangan efektif sebesar 0,064 atau
6,4% dari kecenderungan nomophobia untuk cyberslacking dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Cyberslacking, Daring, kecenderungan Nomophobia, Mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 17 May 2022 03:33
Last Modified: 17 May 2022 03:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15561

Actions (login required)

View Item
View Item