Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Workplace Well-Being Pegawai Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wanareja -Cilacap

Suharmoko, Suharmoko (2022) Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Workplace Well-Being Pegawai Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wanareja -Cilacap. Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Workplace Well-Being Pegawai Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wanareja -Cilacap. pp. 1-15.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI-SUHARMOKO.docx

Download (39kB)

Abstract

Setiap pegawai yang bekerja disebuah perusahaan atau organisasi tentu mengharapkan hak untuk memperoleh workplace well-being, seperti hak memperoleh upah yang layak, hak perlakuan yang sama tanpa diskriminasi, hak mengembangkan kompetensi kerja, hak atas kenyamanan jam kerja, serta hak memperoleh rasa aman pada posisi pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan workplace well-being pegawai di SMK Negeri 1 Wanareja. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan workplace well-being pegawai di SMK Negeri 1 Wanareja. Subjek penelitian ini berjumlah 45 pegawai yang bekerja di SMK Negeri 1 Wanareja. Cara pengambilan subjek menggunakan non probability sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala kepemimpinan transformasional dan skala workplace well-being. Data analisisi menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh korelasi antara kepemimpinan transformasional dengan workpalce well-being sebesar 0,328 dengan nilai p < 0,050. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima, yakni terdapat hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan workplace well-being. Semakin tinggi kepemimpinan transformasional maka semakin tinggi workplace well-being. Sebaliknya, semakin rendah kepemimpinan transformasional maka semakin rendah pula workplace well-being. Namun dari hasil analisis korelasi sebesar 0,328 diatas memiliki arti bahwa kepemimpinan transformasional dengan workplace well-being memiliki tingkat hubungan yang rendah.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Workplace well-being, Kepemimpinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:29
Last Modified: 02 Dec 2022 03:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item
View Item