Mengulik Lurik :Antara Tradisi Dan Kreasi (Studi Kasus Tentang Eksistensi Pengusaha Tenun/Seniman Lurik Di Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Masih Menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin,Di Tengah Kreasi Tenun Lurik Modern)

Widayat, Tri Hartanto Wahyu (2022) Mengulik Lurik :Antara Tradisi Dan Kreasi (Studi Kasus Tentang Eksistensi Pengusaha Tenun/Seniman Lurik Di Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Masih Menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin,Di Tengah Kreasi Tenun Lurik Modern). Mengulik Lurik :Antara Tradisi Dan Kreasi (Studi Kasus Tentang Eksistensi Pengusaha Tenun/Seniman Lurik Di Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Masih Menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin,Di Tengah Kreasi Tenun Lurik Modern). pp. 1-19.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
JURNAL YUDISIUM fiks.docx

Download (1MB)

Abstract

Di kalangan orang jawa dahulu kala kain bisa menyimbolkan status sosial dari pemakainya, di Jawa selain batik dikenal juga kain lurik, kain ini juga memiliki ciri yang unik dan menarik. yakni kain yang tersusun dari unsur garis dan bidang serta memiliki variasi tertentu. Selain memiliki keindahan tersendiri lurik juga memiliki elemen filosofis. Pada awal mula dikenal di masyarakat tradisional jawa alat yang digunakan untuk mebuat tenun lurik masih menggunakan alat yang sangat sedehana yaitu alat tenu gedhong atau genhong Hingga pada perkembanganya guna mendapatkan hasil kain tenunan yang lebih banyak dan cepat maka mulailah dikenal alat tenun yang lebih bagus meskipun masih juga sederhana yang disebut Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).
Di DIY saat ini masih terdapat 597 pengusaha tenun lurik ATBM, tetapi mayoritas sumber daya manusianya 95% lansia dan sangat sulit mencari generasi penerusnya. Hal ini tentu saja menjadi ancaman bagi eksistensi pengusahan tenun lurik berbasis ATBM.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana eksistensi pengusaha dan pengrajin tenun lurik ATBM ditengah kreasi tenun motif modern. Obyek dari film dokumenter ini yakni pengusaha tenun lurik ATBM,pengrajin tenun ATBM,pemerintah serta konsumen.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Tenun Lurik,ATBM,Eksistensi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:22
Last Modified: 06 Feb 2023 02:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17350

Actions (login required)

View Item
View Item