Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Baira, Arnoldus Umbu Djanga (2022) Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). pp. 1-15.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi (Arnoldus Umbu Djanga Baira-16062183).docx

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian-penelitan sebelumnya untuk mengukur pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur (sektor energi dan material) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR), Keputusan Investasi yang diukur dengan Price Earnings Ratio (PER), Pertumbuhan Perusahaan yang diukur dengan Pertumbuhan Aset, dan Profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM) terhadap Nilai Perusahaan yang diukur dengan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur (sektor energi dan material) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2020, dengan metode purposive sampling hingga diperoleh 39 perusahaan. Selanjutnya data pada penelitian ini diolah dengan metode regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen nilai perusahaan, variabel Keputusan Investasi berpengaruh positif terhadap variabel dependen nilai perusahaan, variabel Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap variabel dependen nilai perusahaan, variabel Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap variabel dependen nilai perusahaan. Sedangkan semua variabel Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR), Keputusan Investasi yang diukur dengan Price Earnings Ratio (PER), Pertumbuhan Perusahaan yang diukur dengan Pertumbuhan Aset, dan Profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:50
Last Modified: 30 Jan 2023 01:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item
View Item