Komunikasi Interpersonal Antara Psikolog Dengan Pasien ODGJ Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Nyaman Pada Sesi Konseling di RSJ GRHASIA DIY

Salsyabilah, Qovivah (2022) Komunikasi Interpersonal Antara Psikolog Dengan Pasien ODGJ Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Nyaman Pada Sesi Konseling di RSJ GRHASIA DIY. Komunikasi Interpersonal Antara Psikolog Dengan Pasien ODGJ Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Nyaman Pada Sesi Konseling di RSJ GRHASIA DIY. pp. 1-11.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_Qovivah Salsyabilah.docx

Download (36kB)

Abstract

Masalah kesehatan mental ini masih cukup tabu di kalangan masyarakat Indonesia, dapat dibuktikan dengan hasil riset yang menunjukan tingginya angka penderita gangguan jiwa namun minimnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait masalah kesehatan mental. Dalam menangani kasus gangguan mental, diperlukan adanya bantuan dari tenaga professional seperti psikolog. Dalam proses interaksi antara psikolog dan pasien diperlukan adanya komunikasi interpersonal, karena pada sesi konseling terjadi adanya pertukaran informasi antara psikolog dengan pasien dimana psikolog akan memperoleh informasi untuk menentukan diagnosis dan pasien akan mendapatkan informasi terkait dugaan gangguan Kesehatan mental yang dialami oleh pasien termasuk penyebab, gejala, dan cara penanganannya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini merupakan pandangan dari dua perspektif yaitu psikolog dan pasien yang terdiri dari : membangun trust oleh psikolog terhadap pasien dan membangun trust oleh pasien terhadap psikolog. Sikap supportif psikolog terhadap pasien dan sikap supportif pasien terhadap psikolog, sikap terbuka psikolog terhadap pasien dan sikap terbuka pasien terhadap psikolog.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kesehatan Mental, Psikolog.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:03
Last Modified: 06 Feb 2023 01:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item
View Item