ANALISIS RANTAI PEMASARAN DAN BIAYA PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI PASAR HEWAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL

Fadhillah, Andi Farhan (2023) ANALISIS RANTAI PEMASARAN DAN BIAYA PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI PASAR HEWAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
INTISARI DAN ABSTRACT.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I .pdf

Download (16kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT ANDI FARHAN 18021097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai tataniaga dan menganalisis
biaya pemasaran di setiap lembaga, serta menganalisis besarnya keuntungan
pedagang sapi potong. Penelitian ini menggunakan 30 responden. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode proporsional purposive random
sampling. Parameter yang diukur meliputi analisis saluran pemasaran, perhitungan
biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran, efisiensi pemasaran
dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukan bahwa rantai saluran pemasran di
pasar Hewan Imogiri terdiri dari 3 rantai saluran pemasaran yaitu saluran I
(Peternak produsen-Konsumen akhir), saluran II (Peternak Produsen-Pedagang
perantara-Konsumen akhir), saluran III (Peternak Produsen-Pedagang PerantaraPedagang besar-Konsumen akhir). Biaya pemasaran dari saluran I rata-rata Rp.
207.500, saluran pemasaran II rata-rata Rp. 325.000 dan biaya saluran pemasaran
III rata-rata Rp. 514.000. Margin pemasaran saluran 1 yaitu Rp. 0 , saluran II yaitu
Rp. 1.712.000 dan saluran III Rp. 1.511.000. Hasil perhitungan dari 3 rantai saluran
pemasaran memilki keuntungan yaitu saluran I mempunyai keuntungan yang besar,
saluran II sebesar Rp. 1.560.000, saluran III sebesar Rp. 2.390.000, Efisiensi
saluran I yaitu 1,36%, saluran II yaitu 2,14% dan saluran III yaitu 3,24%. Farmer’s
Share saluran I yaitu 100%, saluran II yaitu 97% dan saluran III yaitu 94%.
Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa saluran pemasaran yang
paling efisien adalah saluran pemasaran I .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Saluran pemasaran, Biaya pemasaran, Sapi potong, Pasar Hewan Imogiri.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:37
Last Modified: 24 Dec 2024 03:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17614

Actions (login required)

View Item
View Item