STUDI MOTIVASI ONLINE THRIFTING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MASYARAKAT DI TANGERANG SELATAN (Teori Fenomenologi Pada Aktivitas Online Thrift Shop)

Wulandari, Kurnia (2022) STUDI MOTIVASI ONLINE THRIFTING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MASYARAKAT DI TANGERANG SELATAN (Teori Fenomenologi Pada Aktivitas Online Thrift Shop). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FIX.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB 5.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Kurnia Wulandari_18071121_M.Nastain,M.I.Kom_SKRIPSI UDAH PALING FIX (bookmars).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat terkait dengan adanya fenomena online thrift shop serta motif apa yang mendorong konsumen untuk membeli atau menggunakan barang-barang bekas atau thrift. Fenomena thrifting itu sendiri merupakan fenomena yang saat ini sedang menjadi perbincangan atau bahkan sedang digandrungi oleh masyarakat yang dapat diartikan sebagai suatu aktivitas yang dimana dapat menjual, membeli serta menggunakan kembali barang-barang bekas yang masih layak digunakan. Aktivitas thrifting itu sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui offline maupun online. Adapun dalam penelitian ini lebih menekankan kepada fenomena thrifting yang beredar melalui online yaitu dengan melalui perantaraan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini mendeskripsikan pandangan masyarakat terkait dengan adanya fenomena online thrifting tersebut yang dimana dirasa sangat berpengaruh baik itu terhadap para pelaku thrifting maupun para penikmatnya. Hal tersebut juga tentunya tidak terlepas dari peran media sosial di dalamnya, dimana dengan adanya media sosial dapat membantu semakin memperkenalkan aktivitas thrifting kepada masyarakat serta para konsumen juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi lebih cepat dan efisien. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui motif yang mendorong konsumen dalam melakukan aktivitas thrifting, antara lain seperti dalam segi ekonomis, ramah lingkungan serta dapat mencari atau mengetahui identitas diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fenomena thrifting, media sosial, motif konsumen
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2024 05:27
Last Modified: 17 Dec 2024 05:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17737

Actions (login required)

View Item
View Item