Parwati, Desy (2023) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (257kB)
BAB I.pdf
Download (324kB)
BAB V.pdf
Download (297kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (286kB)
16081309, Desy Parwati_R11 Naskah Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
16081309_Desy Parwati_Kelas R11_Naskah Publikasi.docx
Download (29kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Efikasi diri dengan
Penerimaan diri pada remaja pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah remaja dengan rentang usia 14 sampai 21 tahun
sebanyak 60 subjek. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala Penerimaan diri
(39 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,896) dan skala Efikasi diri (9 aitem
dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 816) yang peneliti modifikasi dari peneliti
sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel
bebas dengan variabel tergantung dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi
product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif
dan signifikan antara efikasi diri dengan penerimaan diri pada remaja pengguna
Instagram dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,937 dan signifikansi 0,000 (p <
0,050). Nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,879 yang berarti efikasi diri
memberikan sumbangan efektif sebesar 87,9 % terhadap penerimaan diri pada remaja
pengguna Instagram dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan Diri, Efikasi Diri, Remaja, Instagram. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:07 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:07 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18585 |