Herawaty, Julia (2024) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PERILAKU INOVATIF PADA GURU DI SLB NEGERI X KOTA JAMBI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (64kB)
Abstract
Sekolah luar biasa nerupakan satuan pendidikan yang ditujukan untuk
peserta didik berkebutuhan khusus. Guru sekolah luar biasa dituntut harus inovatif
agar bisa mendidik anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara motivasi intrinsik dengan perilaku inovatif pada guru
di SLB Negeri X Kota Jambi. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini yaitu ada
hubungan positif antara motivasi intrinsik dengan perilaku inovatif pada guru di
SLB Negeri X Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50
guru di SLB Negeri X Kota Jambi yang terdiri dari 11 laki-laki dan 39 perempuan.
Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi
intrinsik dan skala perilaku inovatif. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis korelasi product moment dari Pearson yang
hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara
motivasi intrinsik dengan perilaku inovatif dengan koefisen korelasi (r) = 0,797
dengan p < 0,001. Sumbangan efektif motivasi intrinsik terhadap perilaku inovatif
sebesar 63,5% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R2) senilai 0.635.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi intrinsik, perilaku inovatif, sekolah luar biasa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:58 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:58 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18711 |