STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 ANDONG BOYOLALI JAWA TENGAH

Rakhmawati, Dyanna Abiyyah Nur (2023) STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 ANDONG BOYOLALI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Skripsi Dyanna Abiyyah N R.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

SMA N 1 Andong merupakan salah satu sekolah menengah atas yang berada di utara Boyolali, yang terletak di Kecamatan Andong. Pada tahun 2022, ada kebijakan dari Kemendikbudristek mengenai program pembelajaran di sekolah. Perubahan dari kurikulum K13 ke kurikulum merdeka tidak semua sekolah dapat mengimplementasikan, hal ini terjadinya karena perubahan kurikulum membutuhkan dana ataupun syarat yang telah di tentukan. Pergantian tahun pembelajaran, SMA N 1 Andong mendapatkan kesempatan untuk menerapkan kurikulum merdeka dan menjadi sekolah pertama di Boyolali yang dapat menerapkan kurikulum merdeka. Adanya perubahan kurikulum tentunya, sekolah ataupun humas SMA N 1 Andong harus menginformasikan kepada siswa melalui sosialisasi. Berkaitan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam mensosialisasikan program kurikulum merdeka di SMA N 1 Andong Boyolali Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi humas yang dilakukan dalam mensosialisasikan program kurikulum merdeka menggunakan teori Cutlip-Center-Broom adalah identifikasi masalah dengan memahami apa saja kriteria sekolah yang dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka dan memahami perbedaan kurikulum sebelumnya dengan kurikulum merdeka. Kedua, perencanaan program dengan melakukan sosialisasi dan mengenalkan kurikulum merdeka pada saat masa pengenalan lingkungan sekolah. Ketiga, aksi dan komunikasi dengan menentukan objek yang akan mendapatkan informasi mengenai perubahan kurikulum dan penggunaan media sosial sebagai media informasi bagi public. Keempat, evaluasi yakni melakukan evaluasi setelah kegiatan walaupun tidak berjalan dengan rutin, adanya faktor pendukung dan penghambat serta presestasi setelah adanya sosialisasi program kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Sosialisasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 21 Dec 2024 08:17
Last Modified: 21 Dec 2024 08:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19266

Actions (login required)

View Item
View Item