Limbu, Lidya (2023) FENOMENA POST TRUTH KAMPANYE POLITIK DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (RISET KONSEPTUAL POST TRUTH DALAM KAMPANYE POLITIK). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (32kB)
BAB I.pdf
Download (133kB)
BAB V.pdf
Download (12kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (16kB)
FULL TEXT _ ( Lidya Limbu ).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only
Download (158kB) | Request a copy
Abstract
Media sosial menjadi salah satu media elektronik yang menjadi sarana bagi penggunanya sebagai tempat untuk beropini atau menuangkan ide-ide, sehingga dapat memberikan berita yang popular atau trending topik bahkan dapat digunakan oleh penggunanya untuk memberitakan berita bohong atau berita hoax. Terutama media sosial Facebook adalah media sosial dengan berbagai jenis grup dengan komentar positif dan komentar negatif. Dengan mempertimbangkan banyaknya fenomena berita palsu dan post truth di media sosial facebook, maka peneliti pada penelitian ini berusaha untuk mengkaji dari segi isu politik lebih tepatnya pada masa-masa kampanye. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif deskriptif. Metode penelitian dilakukan untuk memperoleh gambaran impementasi fenomena post truth melalui media sosial facebook sebagai media pemberi informasi tentang post truth. Fenomena Post Truth dalam kampanye politik di media sosial Facebook memiliki dampak yang signifikan pada penyebaran informasi salah atau tidak akurat, pengaruh terhadap opini dan sikap politik pemilih, serta partisipasi pemilih dalam proses politik. penyebaran informasi yang salah menjadi tantangan utama dalam kampanye politik di Facebook. Berita palsu, klaim palsu, dan manipulasi data seringkali menyebar dengan cepat dan mendapatkan perhatian yang lebih besar daripada konten yang benar. Dalam kesimpulan ini menunjukkan perlunya Tindakan yang koordinatif dari berbagai pihak untuk mengatasi Fenomena Post Truth dalam kampanye politik di media sosial Facebook. Menghadapi fenomena Post Truth dalam kampanye politik di media sosial Facebook merupakan tantangan yang kompleks, namun langkah-langkah yang terkoordinasi dan solusi yang berkelanjutan akan membantu menjaga integritas demokrasi dan media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Facebook, Post Truth, Kampanye Politik |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:25 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:25 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19280 |