Putra, M. Ilham Yusma (2023) STRATEGI BRAND AWARENESS SUNYI COFFEE (CAFÉ DIFABEL) MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SUNYICOFFEE. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (82kB)
BAB I.pdf
Download (432kB)
BAB V.pdf
Download (147kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (61kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana Strategi Brand Awareness Sunyi Coffee dalam mengenalkan brand mereka melalui Instagram. Sunyi Coffee merupakan sebuah coffee shop yang memiliki konsep sendiri yang berbeda. Mempekerjakan orang-orang dengan disabilitas agar mereka bisa memperjuangkan hidup dan kesetaraannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi brand awareness akun Instagram @sunyicoffee dalam memperkenalkan brand Sunyi Coffee. Peneliti menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah owner dari Sunyi Coffee dan pelanggan pengunjung Sunyi Coffee. Objek penelitian ini adalah media sosial Instagram Sunyi Coffee. Teknik Analisa data pada penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Sunyi Coffee menggunakan strategi pada beberapa tingkatan kesadaran merek brand awareness. Pada tahap Unaware of brand, Sunyi Coffee mulai melakukan strategi dengan menggunakan endorse dari influencer agar produk dan brand bisa menjangkau target yang luas. Pada tahap Brand Recognition Sunyi Coffee melakukan unggahan konten secara intens dan membangun kedekatan agar brand bisa lebih dikenali dengan aktif membagikan konten seperti promo-promo hardselling, quiz interaktif, testimoni dari pelanggan melalui Instastories. Pada tahap Brand Recall Sunyi Coffee melakukan unggahan dengan intens kembali dan secara berulang-ulang agar posisi brand Sunyi Coffee mulai bisa dikenal dan diingat. Dilakukan dengan cara melakukan unggahan aktifitas-aktifitas apa saja yang bisa dilakukan di Sunyi sehingga pelanggan menerima Experience dan Excitement. Pada tahapan top of mind, Sunyi memanfaatka User Generated Content melalui orang-orang yang memiliki pengikut dan pengaruh yang besar bagi audiensnya. Citra yang positif dan nama besar seseorang, dinilai mampu untuk mengembangkan sebuah brand yang ingin dikenalkan. Daya sebar brand Sunyi juga menjadi luas untuk menjangkau pelanggan atau konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Brand Awareness, Sunyi Coffee, Media Sosial, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 07:34 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 07:34 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19299 |