KOMUNIKASI TERAPEUTIK PENYANDANG DISABILITAS : (STUDI DISKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI TERAPEUTIK GURU DENGAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MANDIRI DI SLB BINA SIWI BANTUL)

Septiani, Fitria (2023) KOMUNIKASI TERAPEUTIK PENYANDANG DISABILITAS : (STUDI DISKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI TERAPEUTIK GURU DENGAN ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MANDIRI DI SLB BINA SIWI BANTUL). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI (FITRIA SEPTIANI-18071144).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Sikap mandiri anak dengan IQ dibawah rata-rata atau tunagrahita harus ditumbuhkan sejak dini supaya mereka tidak selalu bergantung dengan orang lain. Di SLB Bina Siwi ini menerapkan komunikasi terapeutik kepada anak-anak tunagrahita untuk dapat menumbuhkan sikap mandiri anak. 3 kharakteristik yang dipakai adalah keikhlasan, kehangatan serta empati. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana cara guru untuk menumbuhkan sikap andiri dengan keikhlasan, empati dan juga kehangatan dari guru-guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi langsung ke SLB Bina Siwi Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan keberhasilan dari para guru mendidik anak tunagrahita sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mudah dan tidak bergantung dengan orang lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan anak-anak tunagrahita yang dapat menerapkan hasil dari pelajaran dan pendekatan guru-guru yang ada di SLB Bina Siwi. Hal ini di tunjukkan dar hasil wawancara dan observasi yang sudah dilakukan peneliti bersama dengan responden (wali murid dan juga guru). Sikap mandiri yang dimaksud contohnya adalah mandi sendiri, memakai baju sendiri, mengikat tali sepatu sendiri dan hal-hal lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Anak Tunagrahita, Sikap Mandiri
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 05:04
Last Modified: 07 Jan 2025 05:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19323

Actions (login required)

View Item
View Item