STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA DINAS PARIWISATA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Abdullah, Arkan (2024) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA DINAS PARIWISATA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI .docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Provinsi Daerah Istimewa Yogaykarta merupakan salah satu daerah dengan jumlah destinasi wisata terbanyak di Indonesia, dengan tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional Yogyakarta mampu memberikan peningkatan terhadap devisa negara. Hal tersebut tidak lepas dari promosi destinasi wisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam meningkatkan jumlah wisatwan dengan mengintegrasikan seluruh jenis metode pemasaran baik melalui media baru dan media konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provisndi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan Integratde Marketing Communication yang terdiri dari 9 poin diantaranta adversiting, personal selling, sales promotion, event and experience, Public Relation, Direct Marketing, Interactive Marketing, Word of Mouth Marketing, dan Online Marketing dimana dalam pelaksanaanya, Dinas Pariwisata mempu dengan baik mengimplementasikan IMC tersebut dalam promosi destinasi wisata dan event yang di adakan oleh komunitas pegian event dan stakeholder destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melakukan Integrated Marketing Commubication pada event dan destinasi wisata , Dinas Pariwisata Provisnsi Daerah Istimewa Yogyakarta mampu memberikan stimulus yang konsusten terhadap khayalak dan membantu stakeholder dan pegiat event dalam melakukan promosi terhadap event dan destinasi wisata yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Media baru dan Konvensional, Integrated Marketing Communication
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:37
Last Modified: 23 Dec 2024 07:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item
View Item