PERSEPSI TENTANG NILAI TOLERANSI PADA PRAKTIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI OLEH PARA GURU DI TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL BULUS KULON

Hestiya, Helda (2023) PERSEPSI TENTANG NILAI TOLERANSI PADA PRAKTIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI OLEH PARA GURU DI TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL BULUS KULON. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru terhadap nilai toleransi. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Bulus Kulon yang terdiri dari empat guru sebagai informan. Objek dalam penelitian ini adalah persepsi para guru tenang nilai toleransi pada praktik pendidikan anak usia dini yang terdiri dari persepsi sosial dan persepsi objek. Persepsi sosial meliputi persepsi berdasarkan pengalaman, persepsi selektivitas, persepsi evaluatif, dan persepsi kontekstual. Sedangkan persepsi objek terdiri dari budaya dan psikologi.
Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi langsung ke lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian ini adalah keempat informan guru di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Bulus Kulon mayoritas berpendapat persepsi toleransi merupakan sikap yang ada pada anak usia dini yang dibentuk melalui pembelajaran di sekolah yang berupa tindakan dan cara anak berpikir secara matang dalam menghadapi tiap-tiap perbedaan di tengah kehidupan bermasyarakat. Dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa persepsi sosial dan persepsi objek yang dialami informan ternyata berpengaruh pada pembentukan persepsi tentang toleransi dam berpengaruh pada praktik pendidikan toleransi pada anak usia dini dari para guru di sekolah TK Aisyiyah Busthanul Athfal Bulus Kulon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2025 07:46
Last Modified: 06 Jan 2025 07:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19360

Actions (login required)

View Item
View Item