DZAHABI, ZIAD IQBAL (2023) LITERASI MEDIA DI APLIKASI TWITTER OLEH MAHASISWA FIKOMM UNIVERSITAS MERCUBUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
190710331_ziadiqbal_abstrakskripsi.pdf
Download (54kB)
BAB I.pdf
Download (373kB)
BAB V.pdf
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (226kB)
190710331_ZIADIQBAL_skripsi_bookmark_organized (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
190710331_ziadiqbal_naskahpublikasiskripsi.docx
Restricted to Repository staff only
Download (51kB)
Abstract
Dalam penelitian ini membahas tentang literasi media di twitter oleh mahasiswa Fikomm Universitas Mercubuana Yogyakarta melalui gerakan #TwitterPleaseDoYourMagic. Literasi media mahasiswa Fikomm Universitas Mercubuana Yogyakarta termasuk pada tingkatan yang tinggi atau advance. Namun peneliti menemukan fenomena ada 2 mahasiswa Fikomm di Universitas Mercubuana Yogyakarta Tertipu oleh gerakan ini pada tahun 2019 dan 2021. Penelitian ini berfokus pada bagaimana literasi media mahasiswa Fikomm Universitas Mercubuana Yogyakarta melalui gerakan #TwitterPleaseDoYourMagic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori milik Potter W. James, dimana Potter mengaggap bahwa kesadaran tiap pengguna medialah yang menjadi tumpuan utama dalam berliterasi media. Potter juga menjelaskan bahwa ada 3 tahapan yang harus dilewati yaitu filtering atau mencerna, meaning matching yang berarti pencocokan makna dimana pada tahap ini yang harus dilakukan adalah verification atau membuktikan, yang terakhir meaning construction atau makna pembangunan. Objek pada penelitian ini adalah #TwitterPleaseDoYourMagic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Fikomm Universitas Mercubuana Yogyakarta berada pada tahapan Meaning Construction. Mahasiswa Fikomm Universitas Yogyakarta telah melakukan tahapan filtering terlebih dahulu yaitu membaca dan mencerna, lalu melakukan tahapan meaning matching atau mencocokan makna dimana pada tahapan ini verification atau pembuktian mampu mereka lakukan dalam menerima pesan, serta mereka melakukan tahapan meaning Construction atau pembangunan makna dimana mereka mampu mengimplementasikan pesan yang diterima melalui gerakan #TwitterPleaseDoYourMagic
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Media, Twitter, #twitterpleasedoyourmagic, Filtering, Meaning Matching, Meaning Construction. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:14 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:14 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19405 |