KAMPANYE KOMUNIKASI DALAM ISU TOLERANSI OLEH SOLOPOS INSTITUTE DI SURAKARTA

Alfaruqie, Muhammad Abduh (2023) KAMPANYE KOMUNIKASI DALAM ISU TOLERANSI OLEH SOLOPOS INSTITUTE DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (851kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI- MUHAMMAD ABDUH ALFARUQIE- 210720306.doc
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Kasus intoleransi masih muncul di masyarakat. Kampanye-kampanye toleransi masih cukup jarang diselenggarakan. Program kampanye komunikasi dalam isu keberagaman ini memiliki maksud yaitu memberikan edukasi dan menumbuhkan sikap toleransi kepada masyarakat agar terhindar dari sikap ekstrimisme . Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk dapat mengetahui model komunikasi dalam kampanye isu-isu toleransi dan keberagaman oleh Solopos Institute dengan berpedoman pada model kampanye Nowak dan Warneryd. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi secara langsung dan wawancara yang mendalam dengan narasumber. Narasumber dari Project leader dan tim Solopos Institute. Temuan data dan analisis pembahasan dalam kampanye ini cukup terlihat bahwasanya kampanye komunikasi tentang isu toleransi ini menggunakan media secara langsung, media online seperti website dan portal berita, serta media sosial instagram. Berpedoman pada elemen model kampanye Nowak dan Warneryd efek yang diinginkan, persaingan komunikasi, objek, target, pesan, komunikator, saluran, dan perubahan efek yang terjadi. Dari model tersebut peneliti menemukan Solopos Institute sudah mempertimbangkan elemen-elemen terkait. Solopos Institute juga melaksanakan riset dan berdiskusi kepada stake holder terkait dalam perencanaan. Isi pesan yang disampaikan adalah memberikan edukasi tentang pentingnya sikap toleransi. Targetnya para pemuda dari berbagai latar belakang. Efeknya adalah adanya perubahan sikap menjadi lebih toleran kepada orang lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Kampanye, Model komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:27
Last Modified: 07 Jan 2025 07:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item
View Item