KOMUNIKASI PERSUASIF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI PERSUASIF INSTAGRAM @haus! DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK KEPADA KHALAYAK MELALUI MEDIA SOSIAL

SITEPU, MOSES FHERIANJA (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI PERSUASIF INSTAGRAM @haus! DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK KEPADA KHALAYAK MELALUI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI MOSES FHERIANJA SITEPU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini di bidang internet sangat cepat terutama dalam penggunaan beberapa sosial media di dalamnya seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Line, Whatsapp, Tiktok dan sebagainya. Salah satu media sosial yang banyak digemari adalah Instagram. Kegunaannya yang sangat praktis, mampu menembus banyak lapisan untuk meraih apa yang diinginkan pengguna. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia komunikasi, dimana siapapun dapat melakukan hingga mendapatkan keuntungan hanya dengan melalui komunikasi melalui media sosial Instagram. Haus! merupakan brand yang memanfaatkan Instagram sebagai media yang dapat mempersuasif para masyarakat pengguna Instagram.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan dalam mempromosikan produk minuman dan jajanan kekinian dari brand Haus! kepada pengikut di instagram @haus.indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). dimana komunikasi merupakan sebuah aktivitas yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menginformasikan, memberi pengingat hingga membujuk sekelompok orang atau konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan melalui analisis konten dengan memperhatikan setiap konten yang diunggah pada media sosial Instagram Haus! yang menjadi sumber data sekunder.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Haus! memanfaatkan media sosial Instagram dalam upaya mempersuasif para pengguna instagram melalui konten-konten yang menarik. Konten yang disajikan tidak memiliki batasan khusus dalam menyajikan informasi serta pembuatan konten dengan cara melakukan riset, menggunakan bahasa populer, serta memvisualisasikan dalam bentuk gambar dan video. Adapun strategi yang dilakukan pihak Haus! Dalam menyajikan konten yang interaktif seperti: memberikan promo dengan melibatkan konten creator, memberikan give away, serta promo-promo lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, AIDA, Komunikasi Persuasif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:42
Last Modified: 23 Dec 2024 08:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item
View Item