KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI ORGANISASI PADA BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA)

Prasetyo, Wahyu Arif (2024) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI ORGANISASI PADA BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_WAHYU ARIF PRASETYO_200710198_Ilmu Komunikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Wahyu Arif Prasetyo_200710198_Ilmu Komunikasi PR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Pegawai memiliki peran dalam kebijakan dan menjalankan kegiatan operasional perusahaan atau organisasi, banyak fenomena-fenomena yang terjadi di sebuah organisasi yang penerapan komunikasi organisasi belum tercapai secara optimal karena kurang berjalannya komunikasi antara pimpinan dan pegawai dalam bekerja sehingga kinerja pegawai dan organisasi menurun. Namun, terdapat suatu instansi yakni Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta khususnya Bidang Informasi dan Komunikasi Publik yang memiliki banyak prestasi salah satunya yang terbaru adalah meraih penghargaan terbaik pertama dalam kategori kampanye komunikasi publik dan terbaik ketiga dalam kategori webside di Anugerah Media Humas yang diselenggarakan oleh kementerian Kominfo untuk mengukur kinerja humas instansi pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori komunikasi organisasi dari Simamora yang menjelaskan tentang pendekatan komunikasi organisasi yang terdapat pendekatan makro dan pendekatan mikro. Pendekatan makro meliputi memproses informasi dan lingkungan, identifikasi, integrasi, dan penentuan tujuan. Pendekatan mikro meliputi orientasi dan latihan, keterlibatan anggota, penentuan iklim organisasi, supervisi dan pengarahan, dan kepuasan kerja. Berdasarkan pada data yang ditemukan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta menggunakan pendekatan komunikasi organisasi makro dan mikro dan menghasilkan dampak positif dalam meningkatkan kinerja pegawai IKP dalam menghasilkan layanan yang dapat membantu masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, Pendekatan komunikasi organisasi, Kinerja pegawai
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:05
Last Modified: 07 Jan 2025 07:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item
View Item